Jumat, 16 Desember 2011

Inilah Kota-Kota Paling Berbahaya di Dunia

Menjelajahi banyak kota di dunia tentunya menjadi suatu kebahagiaan. Namun tidak semua kota di dunia aman untuk dikunjungi. Kota mana saja di dunia yang dinilai berbahaya untuk dikunjungi?

Berikut daftar negara paling berbahaya di dunia (urutan pertama merupakan yang paling berbahaya) seperti dikutip dari Huffington Post, Senin (12/12/2011).


1. Caracas, Venezuela
Kartel narkoba dan kemiskinan merupakan faktor yang mengantarkan Caracas menjadi kota paling berbahaya di dunia. Ibu Kota Venezuela ini memiliki angka pembunuhan dan kejahatan tertinggi di dunia. Menurut Reuters, sebesar 130 kasus pembunuhan dan 537 kasus penculikan terjadi dari 100 ribu orang.

2. Ciudad Juarez, Meksiko
Angka pembunuhan di Ciudad Juarez cukup tinggi, yakni 120 ribu per 100 ribu orang. Kota ini memang kerap ‘berperang’ karena merupakan sarang kartel narkoba di Meksiko. Menurut Reuters, 50 persen dari kasus pembunuhan yang terjadi di Meksiko, terjadi di Ciudad.

3. Baghdad, Irak
Sejak AS menginvasi negara di Timur Tengah ini pada 2003, lebih dari 230 ribu warga sipil meninggal dunia. Sementara ribuan orang lainnya melarikan diri dari bahaya (Mercers world quality of life index).

4. Mogadishu, Somalia
Satu-satunya alasan mengapa Kota Mogadishu tidak berada di posisi pertama adalah karena sulitnya mendapatkan data statistik yang dapat diandalkan. Menurut Mercers, perang sipil yang masih berlangsung di negara Afrika ini menimbulkan risiko besar untuk orang bepergian ke sana.

5. Cape Town, Afrika Selatan
Sepanjang tahun, ada 71.500 pelanggaran seksual, 18.400 kasus pencurian, dan 13.900 kasus perampokan. Menurut data Mercers world quality of life index, setiap hari, ada 50 pembunuhan terjadi di Afrika Selatan dan lebih dari setengahnya terjadi di Cape Town.

6. New Orleans, AS
Menurut Biro Investigasi Federal Amerika (FBI), New Orleans merupakan ibu kota pembunuhan di AS. Ini mengacu pada angka pembunuhan di New Orleans yang sebesar 52 per 100 ribu.

7. Grozny, Chechnya
Gangster, perang dan teroris merupakan kombinasi mengapa kota Grozny layak untuk dihindari (Mercers world quality of life index).

8. Karachi, Pakistan.

Angka pembunuhan di kota terbesar di Pakistan ini memang termasuk rendah. Namun menurut Mercers world quality of life index, ancaman nyata yang membuat kota ini sangat berbahaya adalah terorisme.

9. Detroit, Amerika Serikat.
Menurut Forbes, kota industri modern di Amerika ini masuk daftar karena berdasarkan angka pembunuhannya. Tercatat, dalam setahun terjadi 43,7 pembunuhan per 100 ribu.

10. Rio de Janeiro, Brasil.
Menurut New Zealand Herald, kota terbesar kedua di Brasil ini memang sudah lebih aman dibandingkan pada masa lalu. Namun sayangnya, angka pembunuhan di Rio masih “mirip dengan zona perang”, jika mengacu pada ukurannya sebagai kota metropolitan.

Sumber :http://www.okezone.com/

0 komentar:

Posting Komentar

 
;